Mengaktifkan Net Framework 3.xx pada Windows 8/8.1/10

by 12:21:00 am 0 comments

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sudah sangat lumrah menggunakan teknologi komputasi dalam berbagai kegiatan kita. Pada tingkat desktop kita tentu sangat familiar dengan Sistem Operasi keluaran Microsoft yaitu Windows. Dimulai dengan yang paling booming pada masanya Windows XP :D

Hari-hari ini, Sistem Operasi besutan Microsoft telah berkembang dengan sangat baik. Baik dari segi kemanan, kenyamanan dan kehandalan. Yang terbaru dari seri Windows adalah Windows 10.
Ketika memasang aplikasi pihak ketiga yang banyak sekali varian dan jenisnya untuk keperluan komputasi sehari maupun dunia kerja, Microsoft menyediakan library bagi para pengembang untuk stabilitas aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan agar bias berjalan dengan baik pada platform Sistem Operasi Windows. Berangkat dari sini, semenjak menggunakan Windows 8/8.1 library yang disediakan secara default ketika pemasangan adalah Net Framework versi 4.xx dan yang lebih baru. Pada kenyataannya, dilapangan masih bannyak aplikasi pihak ketiga yang masih menggunakan Net Framework versi 3.xx atau yang lebih lama.

Masalah yang muncul kemudian adalah, cara memasang paket Library tersebut. Dimana pada Windows 8/8.1 dan Windows 10 cara memasang paket Library tersebut sedikit berbeda dengan versi Windows yang lebih lama. Pada Windows yang lebih lama, kita dapat mengunduh master paket tersebut secara terpisah dan memasangnya seperti memasang aplikasi pihak ketiga lainnya. Semua serba biasa. Namun, pada Windows 8/8.1 dan Windows 10, hal tersebut sedikit berbeda atau bahkan membingungkan bagi pengguna yang awam.


Untuk mengaktifkannya, pada Windows 8/8.1 dan Windows 10 memiliki 2 cara. Pemasangan secara online dan offline. Kita akan bahas satu-persatu :D

1. Mengaktifkan Net Framework secara Online

Untuk memasang paket library Net Framework 3.xx dan versi yang lebih lama secara Online kita dapat mengaksesnya dari Control Panel.

Berikutnya kita masuk pada menu Program


Dari menu Program, akan ada menu Programs and Features. Kita lihat pada sub-menunya kita pilih pada Turn Windows features on or off sehingga akan keluar tampilan seperti berikut

Pada kotak kecil disampingnya, kita lakukan klik sehingga muncul tanda yang menunjukkan dia telah terpilih, maka Windows akan secara otomatis mengunduh serta memasang paket Library tersebut.

2. Mengaktifkan Net Framework 3.xx secara Offline

Berbeda dari cara yang sebelumnya, mengaktifkan fitur Net Framework versi 3.xx dan yang lebih lama secara Offline tidak membutuhkan jaringan internet. Namun, kita diwajibkan memiliki master Windows sesuai versi yang terpasang pada computer, baik berbentuk kaset, USB Boot atau ISO yang telah di mount. Sehingga akan terlihat seperti tampilan berikut

Berikutnya kita buka Command Prompt (CMD) dalam mode Administrator dari menu start yang di klik kanan

Kemudian ketikkan perintah seperti 
dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
 tanpa tanda kutip seperti yang terlihat pada gambar berikut


PS: huruf ‘F’ yang diberi tanda panah merah diganti sesuai dengan drive-letter master Windows yang tampil pada computer masing-masing.

Tekan ‘enter’ setelah mengetikan perintah diatas tersebut pada Command Prompt untuk menjalankannya dan tunggu hingga selesai (The operation completed successfully.) seperti yang terlihat pada gambar berikut

Catatan: ketika melakukan cara yang kedua, yaitu mengkatifkan Net Framework secara Offline, kita harus menonaktifkan sementara anti-virus yang ada di computer kita. Karena entah kenapa, proses pemasangan tersebut akan gagal karena di blokir oleh antivirus seperti yang saya alami ketika melakukan penginstalan computer di berbagai tempat.

Demikian cara mengaktifkan Net Framework pada Windows 8/8.1 dan Windows 10 baik secara Online maupun secara Offline. Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Terimakasih telah berjunjung ke Blog ini. J

Unknown

Developer

Seorang pemuda Indonesia berjiwa Nasionalis-Agamis. Pencinta Komputer serta dunia troubleshootnya.

0 comments:

Post a Comment