Cara memblokir aplikasi melalui Windows Firewall

by 3:10:00 am 0 comments
Cara memblokir aplikasi melalui Windows Firewall


Windows Firewall adalah perangkat lunak personal firewall – yang disediakan oleh Microsoft bagi para pengguna Sistem Operasi Windows besutan mereka. Windows Firewall disertakan sejak Windows XP pertama dijual pada Oktober 2001, dimana didalamnya terdapat firewall terbatas yang diberi nama ”Internet Connection Firewall”. Namun, perangkat lunak ini jarang digunakan karena tidak diaktifkan oleh pengguna karena belum familiar dan ketidaktahuan.

Setelah worm Blaster dan Sasser menyerang sejumlah komputer berbasiskan Sistem Operasi Windows pada 2003, Microsoft mengeluarkan Service Pack 2 untuk meningkatkan kemanan Windows XP, diantaranya dengan “Windows Firewall”. Kemudian perangkat lunak tersebut tetap disediakan secara default pada rilis-rilis Sistem Operasi Windows berikutnya hingga kini yang terbaru Windows 101.

Salah satu fungsi Windows Firewall dimaksudkan untuk keperluan memblokir aplikasi pada komputer yang pada masa tertentu meminta untuk pembaharuan (update). Jika kita menginstal sebuah aplikasi, biasanya opsi pembaharuan akan diatur secara default. Agar hal tersebut tidak mengganggu kenyamanan, apalagi jika kita tidak perlu melakukan pembaharuan – maka bisa dimatikan melalui Windows Firewall.

Untuk melakukan pemblokiran aplikasi dengan Windows Firewall, setidaknya  ada 2 cara yang bisa digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mengkonfigurasi melalui Microsoft (Windows) Service Console
  • Untuk membuka Windows Firewall melalui Microsoft (Windows) Service Console bisa kita lakukan dengan menggunakan kombinasi tombol (Windows + R) sehingga akan muncul kotak dialog Run. Lalu, ketikkan “wf.msc” kemudian tekan Enter – (muncul jendela Windows Firewall dalam Advanced Security).
  • Berikutnya klik “Outbound Rules” (jendela sebelah kiri), lalu klik “New Rule” (sisi kanan)
  • Selanjutnya pada jendela “New Outbound Rule Wizard” pilih “Program > Next” 
  • Klik pada tombol “Browse” untuk menelusuri path file program atau bisa mengetik secara manual nama file dari program yang ingin di blok, kemudian klik “Next”
  • Di jendela “Action” pilih “Block the connection > Next”
  • Pada jendela Profile, centang semua pilihan
  • Pada jendela "Name" beri nama aturan baru sesuai dengan keinginan dan klik “Finish
2. Mengkonfigurasi melalui Control Panel
  • Masuk ke “Control Panel” lalu pilih “System and Security” 
  • Pada bagian “Windows Firewall” pilih “Allow a program through Windows Firewall”. 
  • Beri tanda centang pada nama aplikasi. Anda bisa mencari nama program yang hendak di blok yang tidak terdapat pada daftar dengan klik tombol “Change Settings” pada pojok kanan atas dari tampilan list program kemudian klik tombol “Allow another program” lalu klik tombol “Browse” lalu klik “Add” setelah memilih program yang ingin kita blok. 


Unknown

Developer

Seorang pemuda Indonesia berjiwa Nasionalis-Agamis. Pencinta Komputer serta dunia troubleshootnya.

0 comments:

Post a Comment